Kampung Cai Rancaupas, Wisata Alam Paket Lengkap


Ku buka jendela mobil, tersenyum manis pada Bapak penjaga loket menanyakan harga tiket yang harus kami bayar.  "Mau pake ngecamp nggak teh?" tanya si bapak.  "Enggak pak, nggak nginep kok, ohya tiketnya lima orang pak" ku buka dompet menyiapkan uang untuk membayar tiket masuk di Wana Wisata Ranca Upas Bandung. "Semuanya delapan puluh lima teh" ah, aku seneng dipanggil teteh, paling males dipanggil Bu, padahal emang Ibu-Ibu berbuntut dua. Hahaha.


Akhir November aku  sekeluarga menyambangi kota Bandung. Ada saudara yang punya hajat, so sekali mendayung dua pulau terlampaui. Kami menyambung silaturahmi sekaligus piknik tipis-tipis. Ohya yang tipis bukan bodi aku ya.

Ada beberapa destinasi wisata yang kami kunjungi, salah satunya Kampung Cai Ranca Upas di Ciwidey Bandung. Kenapa memilih Ranca Upas? Karena dalam satu kompleks tempat wisata ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan dari berenang, memberi makan rusa, menikmati sejuknya pegunungan, atau berkemah.

Jalan masuk ke kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas atau Wana Wisata Ranca Upas berkonsep hutan wisata atau hutan alami yang dilengkapi fasilitas untuk wisata. Dulu dikenal sebagai tempat berkemah dan penangkarang rusa tapi sekarang fasilitas makin lengkap tentunya agar wisatawan betah dan tidak sekedar merasakan wisata di alam terbuka saja.

Bercengkrama dengan Rusa di Penangkaran dengan View Pegunungan Menghijau


Untuk masuk ke tempat penangkaran pengunjung tidak ditarik biaya tetapi jika mau bisa membeli sayur seperti kangkung untuk pakan rusa. Duo anak lanang dan keponakan antusias sekali ingin memberi makan rusa dan semua membawa satu ikat kangkung.



Penangkaran rusa Rancaupas menjadi satu bagian dengan hutan wisata, hanya saja kawasan penangkaran dipagar khusus demi keamanan rusa-rusa. Tanah lapang dengan rumput hijau dikelilingi pegunungan sangat memanjakan mata. Didalam penangkaran sudah banyak orang yang asyik memberi makan rusa, bercengkrama, berfoto bareng tak sedikit juga yang melipir karena takut diseruduk rusa.



Temen-temen, aku sering lihat di beranda Instagram orang-orang yang foto prewedding disini dan lucu banget lho. Karena backgroundnya gunung, padang rumput hijau dan rusa-rusa yang gagah. Di Candi Prambanan juga ada rusa tapi sayang kurus-kurus beda dengan yang di Rancaupas ini, rusanya berbadan besar, tegap dan nampak sehat.



Berenang di Kolam Renang Air Hangat

Puas ngasih makan rusa, kami beralih ke sebelah penangkaran rusa yaitu water boom. Anak-anak sudah nggak sabar pengen berenang, sempet juga kawatir kalau mereka kedinginan karena di gunung biasanya airnya dingin banget. Eh, ternyata airnya hangat lho.





Kolamnya ada dua buah, semuanya nggak dalem sih karena memang diperuntukkan buat anak-anak. Kolam renang juga dilengkapi perosotan dan ember besar. Lumayan lah buat anak-anak. Tapi untuk masuk ke sini mesti bayar tiket lagi ya sebesar Rp. 15.000 per anak.



Dalam kompleks kolam renang ada cafe yang menyediakan makanan ringan, minuman dan mi goreng atau rebus. Sementara anak-anak berenang yang tua-tua selonjoran direrumputan dan menikmati mi rebus panas. Sedapnya.



Kampung Cai Rancaupas memiliki luas sekitar 215 H disekitar area kelilingi hutan lindung dengan beragam flora seperti pohon Huru, Kurai, Jamuju, Kihujan, Hamirug, Kitambang, Pasang dan Puspa. Sedangkan fauna terdiri dari beragam jenis burung, serta beberapa satwa jinak lainnya.

Aktivitas  paling menyenangkan pasti camping, sayang waktu terbatas jadi ngga bisa camping. Mungkin next time agendakan untuk berkemah disini, karena area perkemahan luas dan bebas bisa memilih tempat dimana aja diarea camping. Mau bersebelahan sama kendaraan juga bisa jadi ambil-ambil barang gampang. Hahaha. Namanya juga camping hip-hip hura.


Untuk masalah logistik sih tak perlu kawatir karena banyak penjual makanan disini dan murah-murah. Dari cilok, bakso, jagung manis, gorengan , mi rebus dan masih banyak lagi. Bahkan ada kafe juga lho yang menyediakan aneka kopi, dijamin syedap ngopi di sini.







Fasilitas

  • Adventure
  • Kolam Renang
  • Air Hangat
  • War Games
  • ATV
  • Kolam Renang Waterboom
  • Water Games
  • Camping Ground
  • Outdoor Gathering
  • Fun Games
  • Penangkalan Rusa

Harga Tiket Masuk Ranca Upas

  • Perorang : Rp.10.000
  • Kendaraan Roda 4 : Rp.5.000
  • Kendaraan Roda 2 : Rp.2.000
  • Kendaraan Bus / Roda 6 : Rp.20.000

Nah, temen-temen jika kalian berlibur ke Bandung, Kampung Cai Rancaupas bisa jadi pilihan yang sangat menyenangkan karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini. 

Comments